Skip to main content

PEMAHAMAN DASAR AKORD


Akord adalah kumpulan 3 nada atau lebih, yang dimainkan bersamaan, sehingga dapat menghasilkan harmoni suara, baik suara mayor ataupun minor.

Pemahaman dasar terhadap Akord sangat penting, sebab kita akan mudah menempatkan akord secara tepat dan pasti tepat pada lagu.


Untuk memainkan Akord, perlu dikenali prinsip dasar Akord.
Sebagai tahap awal: ada 3 kord Mayor, dan 3 Akord Minor. Itu saja!

Akord Mayor: HAFALKAN!!!
1 (do) - 3 (mi) - 5 (sol) : saya sebut saja Akord 1  (sebab bass pokok di nada do)
1 (do) - 4 (fa) -  6 (la)   : saya sebut saja Akord 4  (sebab bass pokok di nada fa)
7 (si)  - 2 (re) -  5 (sol) : saya sebut saja Akord 5  (sebab bass pokok di nada sol)

Latihan: (1)
Mainkan akord 1 (nada 1-3-5) di jari tangan kanan, dan bass-nya di jari tangan kiri. Demikian juga untuk akord mayor yang lain.

Silahkan coba lagu berikut: birama 4/4
1  -  -  -  |  4  -  -  -  |  5  -  -  -  |  1  -  -  - |
5  -  -  -  |  4  -  -  -  |  5  -  -  -  |  1  -  -  - ||

Akord Minor: HAFALKAN!!!
1 (do) - 3 (mi) - 6 (la)   : saya sebut saja Akord 6m atau 6 minor  (sebab bass pokok di nada la)
2 (re) - 4 (fa) -  6 (la)    : saya sebut saja Akord 2m atau 2 minor  (sebab bass pokok di nada re)
3(mi)  - 5 (sol) -  7 (si) : saya sebut saja Akord 3m atau 3 minor  (sebab bass pokok di nada mi)

Latihan: (2)
Mainkan akord 2 (nada 1-3-5) di jari tangan kanan, dan bass pokok-nya di jari tangan kiri. Demikian juga untuk akord mayor yang lain.

Silahkan coba lagu berikut: birama 4/4
6m  -  -  -  |  2m  -  -  -  |  3m  -  -  -  |  6m  -  -  - |
6m  -  -  -  |  2m  -  -  -  |  3m  -  -  -  |  6m  -  -  - ||


Kesimpulan:
Sekarang kita telah mengenal 3 (tiga) akord Mayor dan 3 (tiga) akord Minor.
HAFALKAN unsur-unsurnya. Latihan berikutnya menyusul. Terimakasih.
Akord Mayor: 1 (satu), 4 (empat), 5 (lima).
Akord Minor : 2m / -2 (dua minor), 3m / -3 (tiga minor), 6m / -6 (enam minor).  

Comments

Popular posts from this blog

PROFIL

PROFIL Sobat-sobat semua, Saya mencoba mengembangkan talenta saya, yakni bermain musik. Ada beberapa alat musik yang bisa saya mainkan antara lain: Gitar, Piano, Keyboard, Organ, Biola, Vokal dan Aransemen lagu. Nah, dengan mempelajari alat-alat musik inilah, saya mendapatkan banyak pelajaran tentang musik. Dalam perjalanan selanjutnya, saya mencoba menuliskan apa yang saya bisa dan saya ketahui tentang dunia musik dan sedikit banyak tentang teori dasar sekaligus pengembangan dalam bermusik. Apa yang saya tulis inilah yang saya katakan dengan produk. Tulisan saya mencakup: Sejarah Belajar Musik, Teori Musik, Teknik Bermain Alat Musik dan juga filosofi dalam musik. A da filosofinya juga ya?  hehehehe..... O...tentu.... Orang bermain musik itu tidak sekedar asal-asalan bermain, tetapi ada dasar filosofinya....hehehehe.... Menarik bukan? Saya juga menyelipkan dalam tulisan saya beberapa ide yang barangkali berguna bagi Anda sekalian. Sobat-sobat semua, anda pengen tahu lebih d